Daftar Atlet Angkat Besi Indonesia Berprestasi

Angkat besi merupakan salah satu cabang olahraga yang sudah tidak asing lagi di telinga, terlebih orang Indonesia. Mengingat semakin ke sini, prestasi atlet angkat besi Indonesia semakin apik, sehingga tidak heran, olahraga ini juga semakin sering dibicarakan.

Membicarakan olahraga, tentu tidak lengkap rasanya tanpa membicarakan sang atlet. Untuk lebih mengenal atlet angkat besi yang telah mengharumkan nama bangsa, di sini akan diberikan daftar atlet angkat besi Indonesia yang berprestasi serta profilnya.

Olahraga Angkat Besi

Sebelum kita mengetahui atlet-atlet hebat angkat besi Indonesia, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu angkat besi.

Angkat besi adalah salah satu cabang olahraga yang berfokus pada beban berat berupa barbel yang nantinya akan diusung atau diangkat oleh atlet. Olahraga ini tidak hanya mengandalkan kekuatan, namun juga konsentrasi, keseimbangan, teknik, mental, kedisiplinan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya pria, olahraga angkat besi ini juga bisa diikuti oleh wanita. Ini terlihat dari adanya dua cabang angkat besi untuk pria dan wanita, tentu dengan ketentuan yang berbeda.

Ada dua jenis angkatan yang diperlombakan dalam angkat besi ini, yakni angkatan clean and jerk atau angkatan tidak langsung dan juga snatch atau angkatan langsung. Pada setiap jenis angkatan yang diperlombakan, tiap atlet memiliki tiga kali kesempatan untuk mengangkat bebannya. Angkatan terbaik dari dua jenis angkatan yang dilakukan akan dijumlahkan untuk menentukan skor yang didapat, guna mencari pemenang.

Atlet Angkat Besi Indonesia yang Berprestasi

Berikut ini akan diuraikan atlet beserta prestasi yang pernah diraihnya. Siapa saja?

1. Eko Yuli Irawan

Atlet Angkat Besi
Eko Yuli Irawan. (Sumber: sport.detik.com)

 

Di urutan pertama, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan namanya. Siapa yang tidak kenal dengan Eko Yuli Irawan? Pria kelahiran 24 Juli 1989 ini adalah atlet angkat besi Indonesia, yang pernah membawa pulang emas di SEA Games pada tahun 2019.

Tidak hanya itu, atlet berumur 32 tahun ini juga pernah meraih perolehan medali emas di SEA Games tahun 2007, 2009, 2011, dan 2013.

Tidak hanya SEA Games, pada Asian Games tahun 2018, Eko juga mampu membawa emas pulang ke Indonesia.

Sementara itu, di tingkat dunia, ia pernah mendapatkan dua medali perak pada ajang Olimpiade tahun 2016 dan 2020.

Eko Yuli ini memang salah satu atlet angkat besi yang memiliki catatan apik di tiga pentas Olimpiade. Di antaranya:

  • Olimpiade Beijing 2008 kelas 56 kilogram, ia menyabet medali perunggu
  • Olimpiade London 2012 kelas 62 Eko juga meraih medali perunggu
  • Olimpiade Rio 2016 kelas 62 kilogram ia meraih menyabet medali perak

Dikutip dari situs Komite Olimpiade Indonesia, di luar pentas Olimpiade dan Asian Games Indonesia 2018, ia juga memiliki torehan prestasi di Kejuaraan Dunia di Ashgabat, Turkmenistan 2018.

2. Windy Cantika Aisah

Atlet Angkat Besi Indonesia
Windy Cantika Aisyah. (Sumber: Jawapos.com)

Atlet angkat besi Indonesia ini merupakan anak dari Siti Aisyah, atlet angkat besi Indonesia tahun 1980-an. Sang Ibu pernah meraih medali perunggu di Kejuaraan Dunia Angkat Besi tahun 1998 silam.

Kini bakat ibunya itu, menurun ke Windy Cantika, meski masih memiliki umur yang tergolong muda, namun jam terbangnya tak perlu diragukan lagi.

Ia pernah berhasil menyumbang emas untuk Indonesia di pergelaran olahraga SEA Games tahun 2019 silam dan memecahkan rekor dunia angkat besi di kelas 49 kg junior dengan total angkatan 190 kg dari angkatan snatch 86 kg dan angkatan clean and jerk 104 kg.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Windi berhasil menyabet medali perunggu. Dan di SEA Games 2021, gadis berdarah Sunda ini kembali diberikan kepercayaan untuk membela Indonesia di cabang olahraga angkat besi.

Windy Cantika pun menambah koleksi emasnya dalam Asian Junior Championships yang diselenggarakan di Tashkent, Uzbekistan, pada Februari 2020.

3. Rizky Juniansyah

Atlet Angkat Besi Indonesia
Rizky Juniansyah. (Sumber: Sport.detik.com)

Salah satu atlet angkat besi Indonesia yang telah lama tumbuh dan berkembang di lingkungan angkat besi yakni Rizky Juniansyah, mungkin sudah tidak mengherankan, jika ia dapat mengharumkan nama bangsa lewat prestasinya di cabang olahraga ini.

Saat umur 18 tahun, Rizky telah mampu membawa pulang sejumlah emas untuk Indonesia. Raihan emas itu di antaranya ia dapatkan pada kejuaraan dunia angkat besi pada tahun 2021 dan 2022.

Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi juara di kejuaraan kelompok usia pada tahun 2020 yang lalu. Pada PON Papua ZZ 2021 pun, ia berhasil meraih emas.

4. Nurul Akmal

Atlet Angkat Besi Indonesia
Nurul Akmal. (Sumber: Waspada.id)

Mungkin nama ini baru terdengar di beberapa telinga masyarakat Indonesia. Namun, Nurul Akmal, telah ikut mengharumkan nama bangsa melalui prestasi angkat besinya.

Dikutip dari Antara News, lifter Nurul Akmal adalah atlet angkat besi Indonesia pertama dari Aceh yang mampu tampil di Olimpiade sejak 33 tahun yang lalu.

Sebelum Nurul Akmal, di cabang olahraga yang lain, ada Alkindi yang menjadi atlet pertama Aceh yang berlaga di Olimpiade 1988 Seoul di cabang anggar.

Bagi Nurul, lolos ke pergelaran olahraga internasional terbesar itu merupakan puncak karirnya sebagai atlet.

Sebab, Nurul ini, memulai karirnya dari kompetisi tingkat daerah, seperti Pekan Olahraga Aceh, Kejuaraan Nasional, dan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan sekarang namanya menjadi besar setelah meraih emas di Asian Games.

Perempuan asal Aceh ini berhasil menggondol emas di ajang Asian Games pada 2018 silam. Tidak hanya itu, ia juga pernah berhasil meraih perak ketika membela Indonesia di Pesta Olahraga Solidaritas Indonesia pada tahun 2017. Di PON Papua XX 2021 yang lalu pun, Nurul mampu mendapatkan medali emas.

Selain empat atlet di atas, masih ada dua atlet lagi yang tak kalah berprestasinya, siapa mereka?

1. Deni

Atlet angkat besi Indonesia yang satu ini merupakan pria kelahiran Bogor, 26 Juli 1989. Ia adalah atlet Indonesia yang juga memiliki beberapa pengalaman tampil dalam ajang Olimpiade.

Berdasar pada situs resmi Olympic, Deni berada di peringkat kesembilan Olimpiade London 2012 dan peringkat ke-12 Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Di luar ajang Olimpiade, ia pernah mendapatkan beberapa medali emas, termasuk pada SEA Games 2019 silam.

2. Rahmat Erwin Abdullah

Lifter yang satu ini, juga merupakan lifter muda dari Indonesia yang berhasil menembus Olimpiade Tokyo melalui jalur kontinental. Di luar posisinya yang masuk 8 besar, ia adalah lifter yang memiliki peringkat terbaik mewakili Asia.

Rahmat Erwin memiliki sejumlah prestasi di angkat besi, yakni medali emas pada gelaran olahraga Asian Junior Championships di Korea Utara pada tahun 2019, medali emas SEA Games 2019 Filipina, medali emas Asian Junior Championships di Tashkent pada tahun 2020, dan medali perunggu pada gelaran Asian Championships di Tashkent tahun 2021.

Itulah beberapa atlet angkat besi Indonesia yang memiliki prestasi gemilang. Melihat prestasi mereka yang cemerlang seperti ini, tidak menutup kemungkinan, mereka dapat kembali mengharumkan nama bangsa melalui angkat besi di berbagai gelaran olahraga. Serta, ini bisa memotivasi atlet angkat besi muda untuk terpicu semangatnya, mengikuti prestasi yang telah ditorehkan oleh para senior mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *