Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer

Dunia Freelance kini mulai digandrungi di Indonesia, bagaimana tidak pekerjaan ini memungkinkan para pekerjanya untuk bisa bekerja lebih fleksibel tanpa terikat tempat dan waktu. Para freelancer bisa menyelesaikan pekerjaannya di manapun dan kapanpun, point inilah yang diimpikan para pekerja kantoran yang harus menghabiskan waktu berjam-jam di kantor dan di dalam perjalanan. Secara pendapatan, besar kecilnya bergantung pada performa kerja Anda. Tergiur ingin menjadi Freelancer? Ada beberapa Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer. 

Memahami langkah-langkah untuk memulai karir sebagai freelancer memang suatu kewajiban, sebab ini merupakan cara-cara agar Anda bisa menjadi freelancer yang memiliki penghasilan tetap dan juga besar. 

Meskipun freelancer terpandang sebagai pekerja serabutan, namun untuk menjalankannya Anda harus memperhatikan beberapa langkah supaya nantinya Anda tidak salah langkah. Apa saja langkah-langkahnya? 

Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer

Untuk menyokong maksimalnya performa sebagai calon Freelancer, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai langkah tepat dalam memulai karir sebagai freelancer, di antaranya sebagai ini:

  1. Kenali Diri Sendiri

Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer yg pertama adalah, mengenali diri sendiri. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa Anda lakukan sebagai freelancer, namun jika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai maka Anda akan enjoy dengan apa yang Anda kerjakan. 

Hal ini sangat penting untuk menyokong performa Anda dalam bekerja. Sebelum memilih bidang yang ingin Anda geluti, tentukan dulu minat dan bakat Anda. Pilih bidang yang bisa membuat Anda semangat dan sesuai passion Anda.

  1. Riset Target Klien

Di awal karir merupakan hal yang lumrah untuk menemukan berbagai tipe klien. Manfaatkan momen ini untuk bisa melakukan riset, tipe klien mana yang paling cocok untuk Anda. Bekerja dengan klien yang cocok ritmenya dengan Anda, akan mempermudah Anda mencapai hasil yang jauh lebih maksimal. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda soroti dalam proses mencari klien yang tepat ini, antara lain:

  1. Tentukan bisnis yang membutuhkan keahlian Anda
  2. Tentukan bisnis yang menawarkan fee lebih tinggi

Tentunya hal ini juga harus disokong dengan mengeksplor keahlian diri Anda. Munculkan diri sebagai freelancer yang menarik dan memiliki banyak keahlian. 

  1. Riset harga terbaik

Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer selanjutnya adalah riset harga. Tak hanya target klien yang harus Anda riset, namun juga rate harga terbaik untuk jasa yang Anda tawarkan. Hal ini penting, agar Anda bisa mendapatkan bayaran maksimal yang sesuai dengan harga pasar.

  1. Jual kualitas kerja Anda melalui portofolio

Buatlah portofolio semenarik dan sinformatif mungkin. Portofolio seringkali dijadikan para klien dalam menentukan kualitas kerja calon freelancer yang ingin mereka rekrut. Dengan portofolio Anda bisa menggambarkan berbagai pencapain Anda dari pekerjaan-pekerjaan sebelumnya. Gambarkan kontribusi Anda secara jelas, mulai dari pekerjaan apa yang telah diselesaikan serta keuntungan apa yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut. 

Hal ini bisa menjadi nilai jual bagi para calon klien, sekaligus mempermudah mereka memberi patokan atas bayaran yang bisa mereka tawarkan.

  1. Manfaatkan Sosial Media

Langkah Tepat Memulai Karir Sebagai Freelancer yang kelima adalah, memanfaatkan sosial media. Tempat untuk menjual keahlian dan hasil pekerjaan tak hanya di portofolio, namun juga sosial media. Manfaatkan sosial media mu, upload hasil pekerjaan yang telah Anda selesaikan. Hal ini secara tidak langsung bisa memancing ketertarikan para klien untuk bisa menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

  1. Manfaatkan platform online

Bagi seorang freelancer hal pertama yang paling penting dilakukan adalah mendapatkan klien yang ingin menggunakan jasa Anda. Jika memiliki koneksi relasi yang luas mungkin hal ini bukanlah masalah, namun bagaimana jika tidak? Sebab itulah penting bagi Anda memanfaatkan berbagai platform yang bisa membantu Anda mendapatkan klien. Saat ini sudah ada banyak situs freelance yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah, tanpa harus repot-repot bertatap muka dan membawa proposal penawaran.

Dengan memanfaatkan situs freelance, Anda bisa menemukan berbagai pekerjaan yang ditawarkan dengan lebih mudah dan dari mana saja tanpa terbatas waktu dan tempat. Beberapa situs freelance yang bisa Anda manfaatkan antara lain: Upwork, Feverr, Freelancer, WriterAccess, Toptal, SimplyHired, PeoplePerHour, dan masih ada situs lainnya.

  1. Mulai dengan Mencoba Perlahan

Jika saat ini Anda masih terikat dengan pekerjaan full time, maka jangan gegabah untuk langsung melepaskannya. Anda harus lakukan riset terlebih dahulu. Ambil beberapa pekerjaan freelance saat Anda masih bekerja fulltime, hal ini bertujuan untuk Anda menemukan ritme kerja yang sesuai, sehingga saat menjadi freelancer nanti Anda sudah menemukan ritme kerja yang pas dan dapat menyokong kemaksimalan hasil kerja Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *